Book
Leadership And The One Minute Manager : Meningkatkan Efektivitas Melalui Kepemimpinan Situasional II
Tidak jarang para manajer atau pimpinan dalam suatu organisasi mengalami kesulitan dalam memanaj sumber daya manusia yang ia pimpin. Sering kali para pemimpin merasa seolah-olah ia harus mengerjakan semuanya sendiri, tidak bisa mengandalkan orang lain untuk mengambil alih sebagian hal – hal dari pekerjaan yang harus dikerjakan.
The One Minute Manager (Ken Blanchard, Pat, dan Drea Zigarmi) merupakan penggagas model kepemimpinan yang dikenal sebagai kepemimpinan situasional, mempunyai model yang praktis, mudah dipahami, dan diterapkan untuk memimpin dan mengembangkan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.
Ditulis sebagai perumpamaan, buku ini menceritakan kisah tentang seorang pengusaha yang belajar dari One Minute Manager bagaimana mengeluarkan performana terbaik dari suatu tim yang beragam dengan menjadi pemimpin yang situasional.
Untuk menjadi pemimpin yang situasional, seorang pemimpin harus belajar menetapkan tujuan yang jelas, belajar bagaimana mendiagnosis tingkat perkembangan orang-orang yang bekerja sama dalam setiap target mereka, dan seorang pemimpin harus belajar menggunakan berbagai gaya kepemimpinan untuk memberikan apa yang anak buah butuhkan dari seorang pemimpin. Dari uraian di atas, ada 3 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer,yaitu penentuan target (goal setting), diagnosis, dan penyesuaian (matching).
Penentuan target adalah bagian penting dari perencanaan kinerja dan menjadi pelatihan sehari-hari, dan evalusi kinerja menjadi tolak ukur keberhasilan atau tidaknya dalam suatu target kerja. Dalam penentuan target, One minute manager memberikan rumusan SMART, yaitu :
Spesific,
- Apa sebenarnya target atau tugas tersebut?
- Kapan target atau tugas tersebut perlu diselesaikan?
Motivating,
- Apakah target atau tugas tersebut berarti bagi individual?
- Apakah pengerjaan target ini membangun kompetensi dan komitmen
- Apakah pengerjaan target ini menambah atau menguras energi?
Attainable,
- Apakah target tersebut realistis, masuk akal, dan dapat diraih?
- Apakah target tersebut berada dalam kontrol individual?
Relevant,
- Apakah target atau tugas tersebut merupakan pekerjaan yang berarti bagi perusahaan?
- Apakah target atau tugas tersebut sejalan dengan target perusahaan dan tim kerja?
- Apakah target atau tugas tersebut merupakan prioritas utama dalam hubungannya dengan target lain?
Trackable,
- Seperti apakah pekerjaan yang baik itu, dalam setiap tahap perkembangan?
- Bagaimana kemajuan dan hasil akan diukur?
Target-target yang smart dapat memotivasi dan membuat pemimpin dengan orang-orang yang dipimpinnya berada dalam jalur yang sama.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Leadership and the One Minute Manager: Increasing Effectiveness Through Situational Leadership II | 1st ed. | en |
The 4th secret of the one minute manager | id |