TXT
Knowledge management audit : pedoman evaluasi kesiapan organisasi mengelola pengetahuan
Setiap organisasi perlu mengembangkan kemampuan atau keunggulan bersaingnya agar dapat bertahan, bersaing, dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan baik. Sumber daya yang dibutuhkan untuk keberlangsungannya itu tidak semata-mata dari sumber daya tradisional seperti sumber daya alam, tenaga kerja, dan dana, melainkan juga dari sumber daya tanwujud (intangible resources), yaitu pengetahuan (intellectual capital). Untuk memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari pengetahuan yang dimiliki dan untuk mengetahui pengetahuan apa yang harus dimiliki, perusahaan harus mengelola pengetahuannya melalui manajemen pengetahuan. Dengan manajemen pengetahuan, secara sadar organisasi mengidentifikasi pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan berbagai Inovasi. Audit manajemen pengetahuan adalah kegiatan memeriksa secara sistematis kualitas pengelolaan pengetahuan di suatu organisasi. Melalui audit manajemen pengetahuan dapat diperoleh gambaran tentang:• Pengetahuan yang dimiliki dan dibutuhkan oleh organisasi/unit kerja; • Kesiapan organisasi memfasilitasi pembelajaran; dan • Kualitas proses-proses pengelolaan pengetahuan. Buku ini sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi mahasiswa dan dosen S-2 maupun S-3, konsultan manajemen, eksekutif perusahaan swasta dan pemerintahan/BUMN, yang ingin mempelajari dan menerapkan Manajemen Pengetahuan dalam organisasi.