FIC
Manajemen Bisnis Transportasi Laut, Carter, dan Klaim
Perubahan konstelasi pola perdagangan internasional berimplikasi terhadap manajemen transportasi laut. Perusahaan pelayaran yang dulu secara tradisional menyediakan jasa pengangkutan port to port ekspansi menjadi penyedia jasa logistic door to door services. Penyedia jasa transportasi laut yang telah menjadi pusat jasa logistic berhasil menjalankan strategi pengintegrasian aktivitas bisnis upstream hingga downstream sehingga terbentuk transport and logistic chains. Buku ini menguraikan aspek manajemen, organisasi, dan rencana strategis perusahaan pelayaran, diawali dengan hubungan korelasional antara perdagangan-pelayaran, penyedia moda angkutan laut yang berkembang dinamis, pengadaan kapal melalui claim, dan diakhiri dengan strategi pembangunan transportasi laut nasional. Sistematika mencakup enam aspek pokok, yakni: a). Bab 1. Perdagangan internasional dan sistem transportasi; b). Bab-bab 2, 3, dan 4. Pelayaran niaga mengelola kapal, muatan, dan pengawakan; c). Bab 5. Pelabuhan dan terminal, infrastruktur stategis; d). Bab 6. Tanggung jawab carrier; e). Bab 7 dan 8. Menyajikan seluk-beluk carter kapal dan klaim; dan f). Bab 9 dan 10. Pemikiran bagaimana visi organisasi pelayaran menggambarkan kejayaan masa mendatang. Penulis yakin bahwa para pelaku bisnis yang telah memahami uraian dalam buku ini akan mampu menyelesaikan sedikit demi sedikit masalah bisnis yang dihadaerbagai jenis kelemahan pada lingkungan internal perusahaan sambil memanfaatkan peluang terbuka untuk pengembangan bisnis pelayaran niaga, bahkan ekspansi melampaui predikat sebagai bahariawan platinum di negeri sendiri.