Pada abad ke-21 yang sering dikenal sebagai era informasi, para pakar dan praktisi manajemen dituntut untuk menumpahkan pemikirannya pada upaya keterpaduan dan keterkaitan. Perihal ini dicirikan dengan berbagai terminologi yang populer seperti koordinasi, integrasi, sinkronisasi, sinergi, kohesi, komplementer dan berjaringan (networking). Kecenderungan ini menggambarkan perlunya daya rangkai da…
The systematic management of executive talent is a key strategic challenge for most large corporations. This is an emerging field and, consequently, there is a lack of consensus about what is involved and a variety of approaches have been adopted. In Developing Executive Talent Jonathan Smilansky, Ph.D. summarises the key activities and concerns of large businesses in the USA and Europe that ar…
Manajemen personalia adalah segala aktivitas yang berkenaan dengan pemberdayaan sumber daya pegawai dalam kerja sama ideal, untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan adanya manajemen kepegawaian, para pegawai secara efektif dan efisien dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya secara efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, manajemen personalia tidak dapat dipisahkan …
Selama lima tahun melakukan penelitian, Jim Collins dan timnya, setelah menyisir tumpukan data dan ribuan halaman wawancara, menemukan faktor-faktor kunci penentu kehebatan—mengapa sejumlah perusahaan berhasil membuat lompatan, sementara yang lainnya gagal. TEMUAN DARI PENELITIAN GOOD TO GREAT Temuan-temuan dari studi Good to Great akan mengejutkan banyak pembaca dan memberikan pencerahan bag…
"Semua punya keindahan sendiri-sendiri tetapi tentu saja punya karakteristik berbeda. Saya bersyukur karena mendapat kesempatan berinteraksi dengan bermacam-macam sektor. Ketika jadi CEO tantangannya berbeda, kalau dulu banyak berkutat soal strategic technical sekarang lebih pada memberi visi direction yang sesuai" Eleyn G. Masassya "Kadang, soal kepemimpinan itu adalah suatu yang memerluka…
Para eksekutif kebijakan publik dan manajer perusahaan sering menjumpai kesulitan dalam mengintegrasikan perencanaan dan mengkoordinasikan pelaksanaan. Mereka tenggelam saat menguraikan permasalahan yang dihadapi sehingga cenderung tidak mengutamakan upaya merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan. Critical system thingking adalah pola pikir yang mewujudkan situasi dibalik kesulitan ada…